Connect with us

Tim Nasional

3 Fakta Menarik Pria Berkacamata, Kapten Pertama Indonesia di Piala Dunia

 230 views

FIFA telah sah mengakui Indonesia sebagai tim asal Asia pertama yang ikut serta dalam Piala Dunia. Hal ini seperti diberitakan oleh indosport.com (29/01/18), yang menyebut bahwa Hindia Belanda merupakan representasi Indonesia pada masa itu.

Meskipun harus langsung tersingkir di pertandingan pertama usai kalah 0-6 dari Hungaria, namun keikutsertaan Indonesia pada ajang yang digelar di Prancis ini tetap memberikan kenangan tersendiri.

Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 | Source: Fourfourtwo.com

Salah satunya adalah kehadiran Achmad Nawir, pemain yang didapuk sebagai apten tim saat itu. Nawir mudah dikenali karena tampil mencolok saat bertanding.

Nawir turun gelanggang dengan menggunakan kacamata, yang menjadi ciri khasnya. Selain menggunakan kacamata, ada sejumlah fakta menarik dari Nawir seperti diulas berikut ini:

Pemain Pertama yang Dibolehkan Berkacamata

Achmad Nawir, Kapten Timnas Indonesia Pertama di Piala Dunia | Aktual.com

Kehadiran Achmad Nawir di laga pembuka sungguh menyita perhatian publik Municipal Velodrome, Reims, tempat laga perdana berlangsung. Seperti dikutip bbc.com (15/09/13), Nawir menjadi salah satu yang disorot karena penggunaan kacamata.

Dalam sebuah artikel di bisnis.com (16/17/16), Nawir bahkan disebut sebagai pesepakbola yang pertama kali diizinkan FIFA untuk tampil menggunakan kacamata. Hal ini jauh mendahului Edgar Davids, pemain asal Belanda yang cukup dikenal karena kacamatanya di setiap laga.

Pemilik Gelar Doktor

Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 | Source: Sindonews.com

Selain aktif di dunia sepakbola, Nawir juga merupakan seorang akademisi. Tak heran, karena The Times sempat menulis bahwa rombongan skuat Indonesia diisi oleh pemain dari kalangan pelajar.

Bahkan Nawir juga diketahui sebagai penyandang gelar doktor. Hal ini sebagaimana dikutip dari laporan saah satu wartawan The Times yang meliput pertandingan tersebut.

“Kapten timnya adalah seorang doktor, yang menggunakan kacamata,” ujar wartawan The Times, saat meliput pertandingan itu, seperti dikutip bbc.com, (06/01/13).

Sempat Menjadi Pemain dan Pelatih Persebaya

Achmad Nawir, Kapten Timnas Indonesia Pertama di Piala Dunia | Bolasport.com

Menurut laporan aktual.com (07/01/16), Achmad Nawir lahir pada tanggal 1 Januari 1911, dan wafat pada usia 84 tahun pada bulan April 1995. Pemain ini berposisi sebagai gelandang.

Nawir juga sempat merasakan tampil untuk membela HBS Surabaya semasa menjadi pemain. Usai pensiun, Nawir juga sempat merasakan menjadi pelatih di Persebaya Surabaya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry