Connect with us

Liga Indonesia

3 Momentum Pahit Persib Bandung Sepanjang Sejarah Liga Indonesia

 24 views

Momen pahit harus kembali dialami para Bobotoh saat melihat Persib Bandung harus tersingkir dari Piala Presiden 2018. Anak-anak asuh Mario Gomez harus mengakui keunggulan PSM Makassar di laga terakhir Grup A di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (26/01/18) malam.

Tersingkirnya Persib memperpanjang daftar momen buruk yang mereka miliki usai Liga 1 2017 berakhir. Persib Bandung harus menjalani musim yang buruk usai mengakhiri kompetisi Liga 1 dengan bertengger di urutan ke-14 seperti yang bisa kita lihat di laman Liga-indonesia.com.

Namun tersingkir dari turnamen pra musim seperti Piala Presiden bukanlah sesuatu yang terlalu buruk untuk Persib. Ada beberapa momen yang lebih buruk yang pernah dialami Persib sepanjang sejarah sepakbola Indonesia.

Termasuk Liga 1 2017 kemarin, ternyata Persib Bandung sebagai klub bersejarah di persepakbolaan Indonesia pernah mengalami beberapa momen yang buruk sebelumnya. Kebanyakan dari momen buruk yang ada biasanya terjadi saat manajemen dan kepengurusan pelatih berubah di dalam tim Persib Bandung.

Langsung saja, berikut beberapa momen buruk Persib Bandung sepanjang sejarah.

Liga Indonesia 2003

Persib 2003 | Pikiran-rakyat.com

Persib melakukan revolusi besar-besaran setelah delapan musim mengandalkan pelatih dan pemain lokal, mereka kembali menunjuk pelatih asing. Dilansir dari laman Pikiran-rakyat.com, datangnya pelatih asing dan juga beberapa pemain asing membuat Bobotoh saat itu optimis jelang kompetisi bergulir.

Namun, pelatih asal Polandia, Marek Andrejz Sledzianowski dengan kebiasaannya menunjuk para pemain muda, membuat Persib harus terpuruk di Liga Indonesia musim 2003. Bahkan Persib hampir terdegradasi jelang akhir musim, namun mereka masih beruntung dengan perubahan regulasi PSSI yang mengubah tim yang terdegradasi dari 6 menjadi 4 tim.

Beruntung, Persib tidak jadi terdegradasi ke Divisi I pada tahun 2003 silam. Mereka lolos dari degradasi usai mencatat kemenangan 1-0 atas Persela Lamongan.

Liga Indonesia 2006

Persib 2006 | Pikiran-rakyat.com

Setelah sempat mencicipi nasib baik usai musim 2003, Persib kembali terpuruk pada 2006 silam. Mereka hampir saja terdegradasi usai serangkaian hasil yang buruk.

Namun, lagi-lagi Persib mendapat keberuntungan saat gempa bumi mengguncang Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam. Lewat sebuah artikel di detik.com, diketahui aksi solidaritas tim-tim asal Yogyakarta seperti PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman dan Persiba Bantul pun mundur dari kompetisi.

Bencana gempa bumi dan mundurnya dua tim dari Divisi Utama musim 2006 membuat PSSI menghapus sistem degradasi. Hal ini membuat Persib terhindar dari degradasi saat akhir musim, di mana mereka berada diurutan ke-12 dari 14 tim di Wilayah Barat.

Liga Indonesia 2017

Persib 2017 | Bobotoh.id

Liga Indonesia yang tahun 2017 bernama Liga 1 membuktikan persaingan tim yang ketat sepanjang musim. Persib Bandung yang musim lalu diperkuat oleh Michael Essien yang merupakan eks Chelsea dan Real Madrid saja kesulitan di musim ini.

Setelah serangkaian hasil buruk dan polemik pada paruh pertama musim, Djajang Nurdjaman yang dikenal sebagai pahlawan oleh Bobotoh harus mengalami pemecatan. Namun sayang sekali, pemecatan pelatih bukan solusi yang terbaik untuk Persib melihat posisi mereka saat musim berakhir.

Musim 2017 berakhir, Persib harus menempati posisi ke-13 dengan raihan 41 poin dari 34 laga yang dilakoni selama semusim penuh. Maung Bandung hanya mampu merasakan kemenangan sebanyak 9 kali, 14 kali imbang dan kalah sebanyak 11 kali.

Meski begitu, musim 2017 bukanlah musim terburuk bagi Persib. Pasalnya, rekor terparah masih terjadi saat gelaran Liga Indonesia musim 2003 silam, saat mereka harus menjalani babak play-off sebelum dipastikan terhindar dari degradasi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry