Connect with us

Liga Indonesia

Bukan Pribumi, 4 Pesepakbola Legendaris Indonesia Ini Keturunan Tionghoa

Mampu bawa Timnas Indonesia berprestasi dan disebut-sebut pribumi, ternyata 4 legendaris lokal ini keturunan Tionghoa.

 25 views

Tan Liong Houw

Pesepakbola legendaris Indonesia, Tan Liong Houw atau yang juga dikenal dengan nama lainnya Latief Harris Tanoto merupakan pemain keturunan Tionghoa. Semasa hidupnya berkarier di dunia sepakbola Tanah Air, pria kelahiran Surabaya itu harus mengawali masa awal yang cukup menyedihkan karena mendapatkan larangan dari orang tua.

Untungnya, keinginan kuat dalam dirinya membuahkan hasil yang baik hingga sang ayah dan ibu memberikan izin untuk anaknya memasuki dunia si kulit bundar. Selama berkarier sebagai seorang pesepakbola, Tan Liong Houw bermain bersama Persija Jakarta dan mendapatkan julukan “Macan Betawi” walau berasal dari etnis Tionghoa karena penampilannya yang sangat apik, sebagaimana diberitakan JPNN.com (28/03/18).

Tak hanya bersama klub ibu kota saja, pria kelahiran 26 Juli 1930 silam itu juga memperkuat Timnas selama 12 tahun sejak 1950. Ia pun mampu memperlihatkan kehebatan dan performa yang maksimal untuk negara.

Misalnya, ia dan rekan-rekannya berhasil membawa Timnas masuk ke babak perempatfinal Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia, ataupun dalam Turnamen Merdeka 1961 di Malaysia, Timnas meraih juara dengan mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 2-1 di babak final.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry