Connect with us

Liga Indonesia

Dari Gesit sampai PSK: Berikut Nama-nama Anggota PSSI Era 60-an yang Bikin Ngakak

 47 views

Sepakbola Indonesia pada era 60-an merupakan salah satu era dimana negara ini begitu ditakuti oleh negara-negara lain. Ya, saat itu sepakbola negeri ini bisa dibilang tengah berada di kondisi jaya.

Salah satu yang membuat sepakbola Indonesia jaya di era itu menurut mantan ketum PSSI era 1967-1974, Kosasih Purwanegara ialah ketulusan para pemainnya.

“Di zaman dulu, para pemain masih lugu, sangat sederhana hingga tanpa terlampau mempersoalkan imbalan dan sebagainya, lebih dapat terpusat mencurahkan perhatian dan usaha pada peningkatan permainan,” kata Kosasih seperti dikutip dari Kompas.com (06/02/18).

Selain soal itu, ada hal lagi yang menjadi daya tarik dari sepakbola Indonesia era 60-an yakni nama-nama anggota PSSI yang juga nama klub sepakbola di Indonesia. Jika di era LPI kita pernah mendengar nama klub Bandung FC, Jakarta FC 1928, Medan Chiefs, Real Mataram, hingga Tangerang Wolves. Maka di era 60-an nama klub lebih sederhana dan mungkin buat Anda terpingkal-pingkal membacanya saat ini.

Akun Twitter @fajarjun mempublikasikan nama-nama anggota PSSI tersebut, nama-namanya seperti Gasliko, gabungan sepakbola Lima Kota yang bertempat di Sumatera Barat, Persatu yang ada di Tuban, hingga nama Gesit di Sulawesi Utara, Gasman di Mandar, Gaswit (Gabungan Sepakbola Pinrang), Gaspal yang ada di Palopo, lalu Persib tapi bukan di Bandung namun di Belitung, hingga ada PSK (Persatuan Sepakbola Kupang).

Lantas bagaimana nasib klub itu saat ini? Banyak yang hilang begitu saja namun ada juga yang masih bertarung di kerasnya kompetisi sepakbola. Seperti di Kupang misalnya, namanya tak lagi jadi PSK namun PSKK (Persatuan Sepakbola Kota Kupang). Dikutip dari Tempo.co (06/02/18), Kupang mulai diperhatikan dalam sepakbola nasional.

“Mulai diliriknya pemain-pemain sepakbola asal provinsi ini menandai NTT masuk dalam dunia industri persebakbolaan dan ini merupakan hal positif yang harus didukung,” kata Ketua Departemen Intelijen Olahraga PSSI Pusat, Fary Francis.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Advertisement