Connect with us

Liga Champions

Profil Semifinalis Liga Champions: Roma, Semoga Memang Miliki Kualitas

Roma tidak kalah mengejutkannya dari Liverpool, mereka musim ini bisa lolos hingga semifinal. Seperti apa peluang mereka lolos ke babak final?

 38 views

AS Roma, tidak ada yang menyangka klub raksasa Italia yang satu ini mampu menembus babak semifinal Liga Champions musim 2017/18. Membuat banyak pengamat, mau tidak mau harus membahas perjalanan dan kekuatan seperti apa sih yang dimiliki klub ibu kota Italia ini.

Tergabung di Grup C saat fase grup, bersama tim-tim kuat seperti Chelsea dan Atletico Madrid, Roma berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Status juara grup C membuat Roma mendapatkan lawan-lawan yang berada di pot runner-up masing-masing grup. Sempat kalah di leg pertama babak 16 besar menghadapi Shakhtar Donetsk dengan skor 2-1 di Ukraina, Roma berhasil mening 1-0 sajt di Olimpico dan lolos ke babak perempatfinal.

Babak perempatfinal, lagi-lagi Roma menelan kekalahan saat dipertemukan dengan Barcelona dan leg pertama dimainkan terlebih dulu di Camp Nou, laga berakhir dengan skor 4-1. Namun, Roma kembali memaksimalkan format agregat, mereka berhasil membungkam Barcelona dengan skor tiga gol tappa balas di Olimpico Roma. Agregat 4-4 dengan kemenangan untuk Roma karena unggul gol tandang.

Player To Watch

Penampilan Edin Dzeko di lini depan Roma memang tidak terbantahkan. Khususnya untuk kancah Liga Champions, dari 10 penampilannya di kompetisi ini, Dzeko mampu mencetak sebanyak 6 gol.

Namun, kali ini, Cengiz Under patut mendapat perhatian Jurgen Klopp jika Liverpool tidak ingin kecolongan di babak kedua pertemuan nanti. Cengiz memang tidak biasa bermain di babak pertama, Eusebio Di Francesco biasa menurunkannya sebagai pemain pengganti, seperti saat menghadapi Barcelona di Olimpico pekan lalu.

Cengiz Under (kiri) dan Edin Dzeko (kanan)

Tidak terlalu diperhatikan, Cengiz mampu memberikan assist terukur ke kotak penalti yang langsung disambut oleh Kostas Manolas, itu merupakan gol ketiga, yang menentukan kelolosan Roma ke babak semifinal. Di babak 16 besar menghadapi Shakhtar Donetsk, Cengiz juga mencetak gol tandang Roma di leg pertama.

Maka dari itu, jika pelatih Roma kembali menggunakan Cengiz sebagai supersub di babak kedua, barisan pertahanan Liverpool harus ekstra hati-hati. Klub sekelas Barcelona saja kecolongan dengan aksi pemain asal Turki ini.

Peluang Lolos

Peluang Roma untuk lolos nampaknya akan sedikit sulit. Pasalnya, lawan yang mereka hadapi tidak kalah mengejutkannya dari mereka sendiri. Skuat Liverpool kini diyakini tengah memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi karena tembus semifinal Liga Champions.

Apalagi, menghadapi Roma di semifinal, Liverpool memiliki Mohamed Salah yang nampaknya sudah siap untuk menjebol gawang Roma pada Rabu nanti. Menilik dari data yang dilampirkan Soccerway.com, Roma harus berhati-hati dengan produktivitas Liverpool di depan gawang lawan.

Dari 16 besar hingga babak 8 besar, Liverpool selalu menjadi lawan yang menakutkan untuk tim manapun, termasuk Manchester City. Mereka selalu bisa menutup laga dengan agregat minimal 5 gol. Sementara Il Lupi, cukup diacungi jempol karena mampu membalikkan kedudukan agregat sebanyak dua kali dan lolos ke babak selanjutnya.

Semoga saja, jika memang kalah terlebih dulu di Anfield, Roma bisa kembali membalikkan keadaan di Olimpico. Peluang Roma melakukan hal itu untuk kali ketiga terbilang kecil, namun sepakbola itu bundar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Advertisement